Smapul Pangkep
Smapul Pangkep
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Berikut Langkah-Langkah Menciptakan Kesepakatan Kelas Antara Guru dan Siswa


Proses menciptakan kesepakatan kelas antara guru dan siswa merupakan langkah penting dalam membentuk lingkungan belajar yang positif dan inklusif. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam proses ini: 
  • Diskusi Terbuka: Guru dapat memulai dengan mengadakan diskusi terbuka dengan para siswa mengenai pentingnya kesepakatan kelas. Diskusi ini dapat melibatkan pertanyaan tentang apa yang membuat lingkungan belajar menjadi nyaman, aman, dan produktif bagi semua orang. 
  • Identifikasi Nilai Bersama: Selanjutnya, guru dan siswa dapat bekerja sama untuk mengidentifikasi nilai-nilai bersama yang mereka anggap penting dalam kelas. Nilai-nilai ini bisa termasuk saling menghormati, kerja sama, kejujuran, dan tanggung jawab. 
  • Menyusun Kesepakatan: Berdasarkan nilai-nilai yang telah diidentifikasi, guru dan siswa dapat bersama-sama menyusun daftar kesepakatan kelas yang mencerminkan nilai-nilai tersebut. Kesepakatan ini haruslah jelas, sederhana, dan dapat dimengerti oleh semua anggota kelas. 
  • Diskusi dan Masukan: Setelah menyusun daftar kesepakatan kelas, guru dapat membuka kesempatan untuk diskusi lebih lanjut dan menerima masukan dari siswa mengenai kesepakatan tersebut. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa kesepakatan kelas benar-benar mencerminkan harapan dan kebutuhan semua anggota kelas. 
  • Komitmen Bersama: Setelah kesepakatan kelas disepakati, guru dan siswa perlu menegaskan komitmen bersama untuk mengikuti kesepakatan tersebut. Ini bisa dilakukan melalui pernyataan bersama atau tanda tangani kesepakatan kelas sebagai komitmen nyata. 
  • Implementasi dan Evaluasi: Kesepakatan kelas harus diimplementasikan secara konsisten oleh semua anggota kelas. Guru dapat secara teratur meninjau kesepakatan tersebut bersama siswa, mengevaluasi kemajuannya, dan membuat penyesuaian jika diperlukan. 
  • Penguatan Positif: Selama tahun ajaran, penting untuk memperkuat dan merayakan kepatuhan terhadap kesepakatan kelas. Ini bisa dilakukan melalui pujian, pengakuan, atau penghargaan atas perilaku positif yang sesuai dengan kesepakatan. 
Dengan melibatkan siswa dalam proses penciptaan kesepakatan kelas, mereka merasa memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan belajar mereka dan lebih mungkin untuk mematuhi kesepakatan tersebut. Proses ini juga membantu membangun hubungan yang kuat antara guru dan siswa serta menciptakan atmosfer belajar yang positif dan inklusif.

Berikut adalah contoh daftar kesepakatan kelas antara guru dan siswa dengan kalimat afirmasi positif:

  1. Kami akan saling menghormati satu sama lain di kelas.
  2. Kami akan mendengarkan dengan penuh perhatian saat guru sedang memberikan pengajaran.
  3. Kami akan bertanya dengan sopan jika ada yang tidak kami mengerti.
  4. Kami akan bekerja sama sebagai tim untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif.
  5. Kami akan memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk berbicara dan berkontribusi dalam diskusi kelas.
  6. Kami akan menghargai perbedaan pendapat dan pandangan dalam kelas.
  7. Kami akan menjaga kebersihan dan kerapihan kelas sebagai tanggung jawab bersama.
  8. Kami akan bertanggung jawab atas pekerjaan rumah dan tugas yang diberikan.
  9. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai potensi kami dalam pembelajaran.
  10. Kami akan menghargai waktu dan tidak mengganggu ketertiban kelas.
  11. Kami akan memperlakukan peralatan dan fasilitas kelas dengan baik.
  12. Kami akan menghargai waktu guru dan teman-teman kami dengan hadir tepat waktu di kelas.
Semoga daftar ini membantu membangun atmosfer belajar yang positif dan produktif di kelas!

Berbagi

Posting Komentar